Friday, August 13, 2010

Refleksi

Waktu berlalu dengan sangat cepat. Tiba-tiba saja tanpa sadar sudah berasa di Ramadhan tahun ini. Awalnya saya merasa tak ada hal yang berbeda. Namun ternyata ada beberapa hal yang tanpa saya sadari berubah dengan sendirinya.
Berawal dari sebuah hari di mana saya merasa begitu kecewa. Satu hari menjelang Ramadhan tiba. Ketika itu saya merasa sudah difitnah dan ditempatkan pada keadaan yang tersudut dan tidak dapat dikompromikan. Di mana saya tidak tahu apa yang menyebabkan saya berada pada posisi tersebut. Ketika akhirnya saya tak lagi mencoba untuk mengkompromikannya. Sebab walau bagaimanapun berasa pada posisi yang dinilai tidak akan meberikan tempat lebih untuk sebuah perdebatan ataupun diskusi. Akhirnya saya ubah cara pandang saya. Saya coba memahami apa yang sebenarnya terjadi. Meski tetap saja, saya merasa tidak melakukan hal yang dituduhkan, saya terima begitu saja. tak ada air mata. dan saya melihat sebuah senyum kemenangan di bibirnya. Tanpa saya tahu kenapa mesti merasa menang?
Dan kilas balik datang kemudian. Ternyata ada persoalan yang lebih pelik yang ada dibaliknya. dan mungkin dia memang membutuhkan sebuah tempat untuk mengalihkan segala kepelikan yang ada.
Saya tidak akan membahasnya lagi. Saya sudah belajar mengikhlaskan, dan berharap ini adalah sebuah proses menuju pendewasaan. Meski kadang masih terlintas tanya, why? why me? tapi kemudian hati dan pikir saya seperti menyirami. Tuhan pasti mengerti. Setidaknya pengalaman tersebut menjadikan saya menjadi lebih ikhlas menerima, tanpa mendebat lagi. Semoga juga menjadikan saya menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Selamat menjalankan ibadah puasa, semoga ramdhan kali ini membawa kemenangan sesungguhnya bagi diri kita...

2 comments:

Fitri Mohan said...

bagian yang paling susah memang ternyata adalah mengikhlaskan. bener banget kata orang: ikhlas itu lebih mudah diucapkan daripada dipraktekkan. selamat berpuasa ya bu guru. semoga ramadhan kali ini terus memberkahi kita dengan hati yang bersih dan berani. take care, dear.

MAY'S said...

@Mbak fit : Yup, bener banget mbak... kesel banget awalnya mungkin kalau tidak ketemu ramadhan besoknya saya benar2 meledak... Amin semoga demikian juga dengan dirimu, menemukan kemenangan dalam arti yang sebenarnya... :) Take care juga ya...