Friday, April 13, 2012

Sebening Embun

Banyak hal terjadi di setiap detik kehidupan kita. Kadang hanya lewat begitu saja, tak jarang membekas begitu dalam. Ingatan yang hanya terbatas pada hal-hal tertentu yang kecil. Seringkali tak kita sadari ke mana kita datang dan berlabuh. Bahkan sebelum kita mengangkat sauh.

Hal-hal yang membekas kadang meninggalkan guratan tajam dalam hidup dan langkah. Tinggal bagaimana kita menyikapinya. Perjalanan waktu dan tempaan hidup akan memnuat kita menjadi berbesda dalam menyikapi satu masalah dengan lainnya.

Terpikir kemudian bagaimana jika segala hal terlewat begitu saja? Hadir sesaat lalu lenyap seketika. Seperti embun yang datang pelahan terbungkus kabut, singgah dan memberi ruang yang basah pada tanah, rerumputan dan segala yang disentuhnya. Tapi harus rela untuk beranjak ketika cahaya mulai menerpa padanya.

Mungkin saya belum bisa menjadi embun yang begitu saja rela menyerahkan keberadaannya kepada cahaya. Dan selalu kembali esok hari dengan setia, tak peduli hujan atau tidak. Ia selalu hadir. Ya saya tak akan pernah bisa. Tapi setidaknya saya bisa belajar kesetiaan, kerelaan dan kepastiannya.  

No comments: